Kenapa Wanita yang Sering Beribadah Ini Masuk Neraka? Ini Puncanya..

Menjadi rutin harian seorang Islam, ibadah merupakan kewajiban manusia untuk menyembah Allah sebagai bahagian dari rasa syukur atas nikmat dan kurniaan-Nya .


Ada sebuah kisah di masa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam. Seorang lelaki menceritakan dari lelaki yang lain tentang seorang wanita di hadapan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam.Dia menceritakan tentang betapa baik ibadah wanita itu. Dia menceritakan betapa seringnya wanita itu beribadah. Dia menceritakan betapa seringnya dia berpuasa. Dia menceritakan betapa seringnya wanita itu bersedekah. Tapi kemudian Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam berkata padanya:

“Wanita yang kau ceritakan ini akan dibakar dalam neraka“.
Menakjubkan ! “Ya Rasulullah, kami baru saja menceritakan betapa sering wanita ini beribadah, kami baru menceritakan betapa sering wanita ini berpuasa, kami baru menceritakan betapa sering wanita ini bersedekah, kami baru menceritakan betapa banyak kebaikan yang dilakukannya.” Dan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berkata:
” Ya, tapi dia akan diazab di neraka, kerana dia jahat kepada tetangganya.”
Subhanallah ! Wanita ini Rajin Beribadah Shalat, puasa, sedekah, semua amal baik ini, tapi kerana dia jahat kepada tetangganya, hal ini sama jahatnya dengan dosa besar lainnya.

Dan kemudian di sisi lain, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menceritakan kepadanya wanita lainnya, yang solatnya biasa, puasanya biasa, wanita ini tidak begitu banyak solat sunnah, dia kebanyakan solat wajib saja, dia berpuasa Ramadhan saja, dia bersedekah biasa, dia hanya melakukan perbuatan biasa saja. Dia melakukan perbuatan umum layaknya Muslim yang biasa berkenaan dengan ibadah. Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berkata:

“Tapi dia akan masuk surga.”
“Kenapa, ya Rasulullah?” tanya lelaki itu.
“Kerana dia sangat baik dan sangat sopan kepada tetangganya.”

Subhanallah, siapa yang memikirkan hal ini di zaman sekarang? Kita menemukan seorang Muslim, yang bagi mereka Islam hanya tentang solat, Islam bagi mereka tentang berpuasa, Islam bagi mereka tentang zakat, Islam bagi mereka tentang baca Qur’an,. Tentu saja ini Islam, tapi belum seluruhnya Islam.

Kemudian berkenaan dengan sopan santun, berkenaan dengan moral yang baik, berkenaan dengan etika yang baik, kita lihat banyak Muslim tidak mempedulikannya. Kita tidak mempedulikan hal itu. Seakan-akan kita tidak perlu beramah-mesra dengan baik, seakan-akan kita tidak perlu sopan, seakan-akan kita tidak perlu berakhlak baik.

Allah subhanahu wata’ala memuji Rasulullah shalallahu alaihi wassalam kerana akhlaknya yang paling baik. Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“Sesungguhnya Muhammad, kau memiliki akhlak dan moral terbaik.”
Dengan begitu saudariku, hal paling penting dan terbaik yang harus kita miliki dalam keperibadian kita kerana kita hidup dalam penerapan budaya Barat adalah untuk memiliki akhlak yang terbaik. Akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang mendekatkan orang-orang kepadanya, dan mengubah musuh-musuhnya menjadi pengikutnya. Dan membuat orang-orang yang melawannya menjadi pendukungnya, dan orang-orang yang membencinya menjadi menyukainya, dan mereka yang berpaling darinya menjadi mendekat padanya, dan mereka yang merendahkannya menjadi menghormatinya.

Itulah akhlaknya Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, itulah moralnya, itulah etikanya. Dan kita punya kewajiban untuk memiliki akhlak terbaik. Kita punya kewajiban untuk memiliki etika terbaik. Kita punya tanggung jawab untuk memiliki disiplin terbaik.

Akhlak yang baik adalah cerminan dari akidah yang lurus, yang benar, yang terpancar dari ketundukkan akan ke-Maha Esa-an Allah. Kesadaran bahwa Allah adalah Sang Pencipta dan kita hanyalah seorang hamba yang lemah, tanpa daya apapun kecuali atas kehendak-Nya. Wallahu’alam. Selain beribadah, rasanya kita pun memang dituntut untuk berbuat baik dengan siapapun, khususnya adalah lingkungan terkecil kita.

Jika artikel ini bermanfaat.Silakan di-share untuk teman anda,sahabat anda, keluarga anda, atau bahkan orang yang tidak anda kenal sekalipun. Jika mereka tergerak hatinya untuk baik kepada tetangga di tempat tinggalnya setelah membaca artikel yang anda share, maka semoga anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
loading...

0 comment... add one now