Empat Penyakit Yang Boleh Membunuh Akibat Daripada Suka Tidur Lewat Bangun Siang

Diantara kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah, dia tidak suka tidur lewat. Jika tidak ada urusan penting baik tentang dakwah ataupun jihad maka ia menyegerakan tidur setelah sholat Isya ‘kemudian bangun di tengah malam atau sepertiga malam untuk shalat tahajjud atau qiyamullail.

Empat Penyakit Yang Boleh Membunuh Akibat Daripada Suka Tidur Lewat Bangun Siang

Selain memudahkan tahajjud, terbukti kebiasaan tidak tidur lewat malam juga memiliki banyak manfaat perubatan yang baru diketahui di zaman modern ini. Sebaliknya, orang yang tidur lewat malam terancam bahaya kesihatan seperti berikut:

1. Sistem Imun Melemah (anti body melemah)
Tidur lewat malam terbukti mempengaruhi rosaknya sel-sel darah putih. Akibatnya kekebalan tubuh menjadi lemah dan mudah diserang pelbagai penyakit.

2. kencing manis atau diabetes
Tidur lewat malam juga merosak hormon di tubuh. Akibatnya tubuh tidak toleransi terhadap glukosa kerana jumlah insulin menurun. Orang yang tidur lewat malam menjadi lebih mudah mendapat penyakit Diabetes.


3. Sakit Kepala Hingga Kerosakan Otak
Tidur lewat malam membuat tubuh tidak sempat berehat dengan baik. Meskipun waktu tidurnya sama, katakanlah lima jam, orang yang tidur sebelum tengah malam dan bangun sepertiga malam terakhir akan merasakan keadaan tubuh fizikal yang lebih baik. Sebaliknya, tidur lewat malam membuatkan istirehat tidak efektif. Ketika bangun kepala terasa berat, itulah tanda gegar otak kecil sedang menyerang. Jika dibiasakan, terus menerus dalam waktu berpanjangan, kerosakan otak boleh mengancam.

4. Kanser Hati
Diantara penyakit berbahaya akibat tidur lewat malam adalah kanser hati. Melalui penelitian para doktor di National Taiwan Hospital menemukan bahawa tidur lewat malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerosakan hati.

Subhanallah… demikianlah hikmah perubatan dari salah satu kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Aisyah radhiyallahu ‘anha menjelaskan kebiasaan beliau ini:

مَا نَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَلَا سَهِرَ بَعْدَهَا

Rasulullah shallaallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah tidur sebelum waktu isya’ dan tidak pernah begadang setelahnya. (HR. Ahmad; shahih)

Ibnu Qayyim Al Jauziyah menjelaskan dalam Zadul Ma’ad: “Termasuk kebiasaan beliau adalah tidur di awal malam dan bangun di bahagian akhirnya. Terkadang ia begadang di awal malam untuk mengurusi berbagai kepentingan orang-orang miskin. ”

Semoga kita dimudahkan untuk meneladani beliau, dan mendapatkan banyak manfaat dan hikmah berkat meneladani beliau. [Ibnu K / bersamadakwah]
loading...

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Lama Daging Atau Ayam Boleh Digunakan Selepas Dinyahbeku Tanpa Menghilangkan Zatnya?

Wanita WAJIB Tahu..Tanda Kanser Rahim Bila Keputihan Berwarna Coklat , Bercampur Darah!!

Tip Membeli Tayar Supaya Tidak Tertipu Dan Membahayakan Nyawa Anda